Vihara Budhagaya Watugong Semarang

Posted by

SEMARANGAN. Memang lengkap koleksi pariwisata religi di kota Semarang, selain ada Masjid Agung Jawa Tengah "MAJT" yang merupakan masjid terbesar di Kota Semarang bahkan menurut kabar Terbesar di Jawa Tengah, Juga terdapat wisata Religi Gereja Blenduk yang merupakan salah satu bangunan kuno yang masih berdiri kokoh, dilanjutkan dengan deretena klenteng tua yang masih gagah di kawasan Pecinan Semarang kini terdapat juga Wisata Religi berupa Vihara, yakni Vihara Budhagaya Watugong Semarang. 

Vihara Budhagaya Watugong ini terletak didaerah perbukitan Semarang bagian atas, tepatnya di jalan Perintis Kemerdekaan Semarang Vihara ini berdiri diatas tanah seluas 2.25 Ha yang terdiri dari lima bangunan utama. Salah satu bangunan yang menjadi icon tempat ini bernama Pagoda Avalokitervara yang memiliki tinggi bangunan sekitar 45 meter, dan bertingkat 7. Ketujuh tingkat ini memiliki vilosofi bahwa seorang pertama akan mencapai kesucian dalam tingkat ke tujuh.

Pada bagian dalam Pagoda Avalokitervara berbentuk segi delapandan memiliki ukuran 15 x 15 meter. jika anda memasukinya maka anda akan menemukan Patung Dewi Kwan Im (Dewi Welas Asih) dari mulai pada lantai tingkat kedua hingga tingkat keenam. Patung Dwi Kwan Im ini menghadap ke empat penjuru angun, dengan tujuan supaya sang Dewi selalu memancarkan kasih sayang dari empat penjuru mata angin.

Pada tingkat ke tujuh, terdapat patung Amitaba yang merupakan Guru besar para manusia dan para dewa. Di puncak Pagoda Avalokitervara terdapat stupa yang digunakan untuk menyimpan relik (butiran mutiara) yang keluar dari sang Budha. 

Di bagian depan Pagoda Avalokitervara juga terdapat patung Dewi Kwan Im dan Sang Budha yang duduk dibawah pohon Bodi.

Vihara Budhagaya Watugong Semarang ini diklaim menjadi vihara pertama di pulau Jawa setelah runtuhnya kerajan Majapahit. Ajaran Budha di Vihara Watugong sendiri diajarkan atau dibawa oleh Biku asal Srilangka bernama Narada.

Pada tahun 1934, Biku Narada datang ke Indonesia dengan membawa 2 pohon Bodi (didalam ajaran Budha Pohon ini diyakini sebagai tempat Sang Budha Gautama bersemedi) kedua pohon ini dibawa dan ditanam di Candi Borobudur, namun pada tahun 1955 salah satu pohon ini ditanam di halaman Vihara Budhagaya Watugong

Untuk para pengunjung yang ingin bermalam di area Vihara & Pagoda Avalokitervara jangan kawatir, karena di area vihara sudah disediakan cotage yang disediakan untuk para tamu. Didepan cotage terdapat bangunan Dhammasala , bangunan ini terdiri dari dua lantai pada lantai dasar berfungsi ebagai aula yang lengkap dengan panggung. Dan pada lantai kedua berfungsi sebagai ruang Dhammasala.

Yang unik pada pangunan Dhammasala ini adalah tembok yang mengelilingi bangunan tersebut. Karena pada tembok ini terdapat relief yang menceritakan tentang Paticasamupada.

Semua bangunan di Vihara Budhagaya Watugong Semarang ini tertata begitu rapi, ditambah dengan pesona yang asri dan dihiasi keindahan aristektur Thiongkok sehingga menjadikan salah satu referensi untuk anda kunjungi. Baik untuk wisata religi maupun wisata penambah ilmu pengetahuan bagi anda beserta keluarga.



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Semarangan Updated at: 12:21

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak, jangan cuma meninggalkan LINK dikolom komentar, Penulis Lebih berharap jika Komentar anda menyangkut tentang artikel tersebut. Terimakasih

Lenovo Tab 2 A7-10 - 8 GB - Hitam
From RP 799.000

Cari Artikel

Followers

Semarangan. Powered by Blogger.