Masjid Agung Jawa Tengah "MAJT" Semarang

Posted by

Masjid Agung Jawa Tengah "MAJT" Semarang ini masuk ke salah satu jajaran Masjid Megah di Indonesia. Masjid yang terletak di jalan Gajah Semarang, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari ini memiliki arsistektur nan indah perpaduan dari bentuk jawa, jawa tengah dan Yunani. Masjid ini mulai dibangun tahun 2001 dan rampung lima tahun kemudian, tepatnya tahun 2006.

MAJT ini sangat luas sekali yakni 10 ha, untuk bangunan Utama masjid memiliki luas 7.669 M2 dan luas halaman 7.500 M2 ini bisa menampung jama'ah tak kurang dari 15.000 orang. Diresmikan oleh Presiden Repoblik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2006. Upacara peremsian ditandai dengan menandatangani sebuah batu prasasti setinggi 3.2 meter yang mempunyai berat 7.8 ton. yang terletak di depan masjid "arah masuk". Batu prasasti yang digunakan merupakan batu alam yang diambil dari lereng gunung merapi.

Di komplek Masjid Agung Jawa Tengah ini terdapat sarana rekreasi rohani. Yakni, Museum Perkembangan Perkembangan Islam Jawa Tengah yang letaknya berada di Menara Alhusna Lantai 2 dan 3. Di Menara Al-Husna ini anda juga bisa menyaksikan pemandangan kota semarang dari atas menara, dan sudah disediakan Teropong guna melihat lebih jelas dengan merogoh kocek yang murah Rp. 500,- sedang tiket untuk memasuki menara Al-Husna Rp. 3.000 dr jam 08.00 - 17.00 dan untuk jam 17.00 - 21.00 akan dikenakan biaya Rp. 4.000,-,. Di masjid ini juga terdapat Al-Qur'an raksasa hasil karya tulisan tangan asli H Hayatudin seorang penulis kaligrafi Al-Qur'an yang berasal dari Wonosobo.

Arsistekyur Masjid Agung Jawa Tengah mengadopsi Arsistektur Jawa Roma dan Arab. Hal ini dapat kita lihat dari bentuk tiang dasar masjid yang bermotif Batik. Untuk ciri khas Arab dapat kita lihat pada halaman masjid yang terdapat 6 payung hidrolik raksa-sa yang dapat membuka dan menutup secara otomatis mengadopsi masjid Nabawi (Madinah), yang lebih unik lagi, masjid ini juga mengadopsi gaya arsistektur khas Roma, dapat kita lihat pada desain interior dan warna yang melekat pada bagian sudut-sudut masjid itu sendiri.

Masjid Agung Jawa Tengah sudah dilengkapi dengan sarana dan fasilitas penunjang. Seperti : Perpustakaan, Auditorium, ruang akad nikah, pemandu wisata, Museum kebudayaan islam, cafe muslim, kios cendera mata, kios jajan dan lain-lain.

Bagi pengunjung yang ingin memasuki Area MAJT Semarang tak perlu khawatir menghabiskan banyak uang, karena untuk masuk area ini bebas biaya alias Gratis (ora mbayar) dalam bahasa Semarang). Cukup dengan bayar tiket parkir anda sudah bisa menikmati kemegahan dan keunikan arsistektur Masjid Agung Jawa Tengah.

Pengunjung masjid ini akan meningkat pada saat hari libur, wisatawan pun bukan hanya berasal dari kota Semarang, dam Indonesia saja, terkadang juga di datangi turis Manca Negara.

Ayo Visit Semarang >>> Ayo Visit Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang.







FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Semarangan Updated at: 13:10

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak, jangan cuma meninggalkan LINK dikolom komentar, Penulis Lebih berharap jika Komentar anda menyangkut tentang artikel tersebut. Terimakasih

Lenovo Tab 2 A7-10 - 8 GB - Hitam
From RP 799.000

Cari Artikel

Followers

Semarangan. Powered by Blogger.