Pecinan Semarang, Eksotika Budaya Tionghoa

Posted by

SEMARANGAN, di kota Semarang ada salah satu daerah jika anda memasukinya serasa di negeri Tirai Bambu China. Di kampung inilah keturunan Tionghoa menetap sejak berabad-abad tahun yang silam, karena banyaknya keturunan China maka daerah inipun mendapatkan atau diberi nama oleh warga Semarang dengan sebutan Pecinan. Di daerah Pecinan Semarang ini sangat kental sekali dengan kebudayaan Tionghoa, banyak sekali klenteng-klenteng yang menjadi tempat peribatan warga Tionghoa yang menurut keyakinannya, klenteng-klenteng tersebut memiliki keistimewaan sendiri-sendiri.

Di kota Semarang terdapat kurang lebih 11 klenteng yang sebagian besar terdapat di kawasan Pecinan Semarang dengan jumlah 10 klenteng. Klenteng-klenteng tersebut adalah :
  • Klenteng Hoo Kok Bio
  • Klenteng Siu Hok Bio
  • Klenteng Tay Kak Sie
  • Klenteng Kong Tik Sue
  • Klenteng Tong Pek Bio
  • Klenteng Liong Tek Hay Bio
  • Klenteng Hok Bio
  • Klenteng See Hoo Kong
  • Klenteng Wie Wie Kiong
  • dan Klenteng Grajen
Dan klenteng yang berada di luar kawasan Pecinan Semarang bernama Klenteng Sam Poo Kong yang berada di Gang Batu.

Klenteng Sam Poo Kong merupakan klenteng di kota Semarang yang memiliki nilai historis sangat
tinggi bagi keberadaan kota Semarang. di klenteng ini juga sering dikunjungi oleh pengunjung lintas agama. Di dalam klenteng Sam Poo Kong terdapat benda yang bersejarah yaitu Kemudi dan jangkar kapal Laksamana Cheng Ho yang digunakan berlayar menuju pulau Jawa pada abad ke-15.

Klenteng Tay Kak Sie di Pecinan Semarang tepatnya berada di Gang Lombok, menjadi induk seluruh klenteng yang berada di kota Semarang.

Jika anda ke Semarang, jangan lewatkan mampir di Pecinan Semarang dengan Eksotika Budaya Tionghoa. Disini selain bernuansa seperti negeri Tirai Bambu China, anda juga bisa melihat masih gagahnya bangunan Klenteng yang sudah berusia ratusan tahun. Selain itu di kawasan ini para warga Tionghoa juga masih menjunjung tinggi tradisinya.

Kawasan Pecinan Semarang akan tampak lebih rapi, indah dan lebih hidup di malam hari pada hari mendekati perayaan Imlek. Banyak sekali ornamen dan hiasan khas China yang dipasang rapi berjajar di kawasan ini.

Jika anda berkunjung ke Semarang, jangan sampai melewatkan untuk mampir sejenak di Kawasan Pecinan Semarang, karena angan anda akan dibawa serasa rekreasi ke Negeri Tirai Bambu China.

Matursuwon.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Semarangan Updated at: 13:17

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak, jangan cuma meninggalkan LINK dikolom komentar, Penulis Lebih berharap jika Komentar anda menyangkut tentang artikel tersebut. Terimakasih

Lenovo Tab 2 A7-10 - 8 GB - Hitam
From RP 799.000

Cari Artikel

Followers

Semarangan. Powered by Blogger.