Tips Aman Mudik Lebaran

Posted by

Hingar bingar hari kemenangan yakni Lebaran sudah terasa, dari jalan yang mulai ramai, Pasar-pasar tradisional yang mulai berjubel, hingga toko dan swalayan yang tak kalah sesak,semua itu rutinitas yang telah membudaya dan terjadi menjelang Hari Raya Idul Fitri. Baik bagi yang mau merayakan lebaran di Kampung halaman alias mudik atau yang merayakan lebaran di rumah saja.



Bagi yang merayakan lebaran dengan mudik, kali ini SEMARANGAN akan berbagi Tips Aman saat Mudik Lebaran :

8 Tips Aman Mudik Lebaran ala Semarangan

  1. Sebelum mudik, periksa kembali apakah rumah anda sdh dalam keadaan terkunci dan pastikan anda sdh tidak berada di dalamnya .
  2. Pasanglah alat pengamanan tambahan pd rumah anda seperti: police line/garis polisi, papan pengumuman bertuliskan “Rumah ini Dalam Pengawasan KPK”, atau setting eksterior rumah anda spt rumah angker.
  3. Jika Mudik menggunakan Pesawat Terbang atau Kapal Laut, usahakan jangan naik apalagi turun ditengah perjalanan.
  4. Jika Mudik menggunakan Bus, pastikan wujudnya Panjang, Rodanya Besar & Banyak Jendelanya, Jika tdk, bisa jadi itu cuma Odong-odong
  5. Waspada terhadap orang asing yg Berbaik hati menawarkan Minuman-Makanan. Demi keamanan usahakan minta “Mentahnya” saja
  6. Mengantisipasi sesaknya penumpang, hindari membawa barang yg tidak perlu seperti: Meja Makan, Tangga, Kulkas, mesin cuci, Gen set, Kasur, Sofa apalagi piano
  7. Bawa bajunya jangan banyak2 karena ini mudik, bukan/ minggat.
  8. Tips Mudik Terakhir yg PALING PENTING adalah Pastikan anda punya Kampung Halaman..... grin emotikon
Heheh tips diatas hanya Just Kidding, biarpembaca sedikit tidak tegang dan bisa tersenyum walau dalam keadaan nahan lapar, kan lagi puasa !!!

8 Tips Aman Mudik Lebaran
  1. Sebelum berangkat mudik, meninggalkan rumah, alangkah baiknya jika anda memeriksa ulang apakah ada pintu yang belum terkunci, cek aliran listrik yang ada dirumah, biar anda merasa nyaman saat di jalan maupun saat liburan mudik.
  2. Jika anda naik kendaraan pribadi, silahkan cek sebelum berangkan kondisi kesehatan kendaraan pribadi anda. Cek Ban, Rem, Lampu serta surat-surat kendaraan seperti : SIM, STNK dan juga KTP. 
  3. Jaga laju kecepatan kendaraan anda karena disaat mudik banyak sekali pengguna jalan yang kurang sabar dengan dalih kepingin cepat sampai ke tujuan dan bertemu sanak saudara.
  4. Menepi dan beristirahatlah jika anda lelah dan mengantuk saat mengemudikan kendaraam, eits jangan lupa cari tempat yang aman saat anda beristirahat, seperti di Posko mudik yang telah disediakan atau di Pombensin, bisa juga di Masjid.
  5. Bawalah barang seperlunya. Karena dengan membawa barang berlebihan akan menambah beban anda sendiri, walaupun anda menggunakan mobil pribadi sekalipun. 
  6. Taati peraturan Lalu Lintas. Faktor kecelakaan lalu lintas terbesar disebabkan oleh pelanggaran rambu-rambu lalu lintas, "Sayangi Nyawa Anda".
  7. Jangan memakai perhiasan berlebih apalagi jika anda mudik menggunakan anggutan umum, itu sama aja mengundang mala petaka buat diri anda sendiri.
  8. Bawalah Obat-obatan. Jangan lupa membawa obat-obatan selain bisa berfungsi buat anda sendiri kemungkinan juga bisa berfungsi bagi sekitar anda.
Itulah beberapa TIPS Aman Mudik Lebaran, semoga sedikit banyak bisa memberikan manfaat.






FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Semarangan Updated at: 09:58

4 komentar:

  1. hello, dear friend, no, life is so hard that you do
    not by the way you take it,
    can make it easier.
    I wish you a wonderful Friday

    ReplyDelete
  2. tips 8 ala semarangannya kocak sob :D haha , keren dah artikelnya , d tunggu post" selanjutnya :D

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak, jangan cuma meninggalkan LINK dikolom komentar, Penulis Lebih berharap jika Komentar anda menyangkut tentang artikel tersebut. Terimakasih

Lenovo Tab 2 A7-10 - 8 GB - Hitam
From RP 799.000

Cari Artikel

Followers

Semarangan. Powered by Blogger.