Gedung Sobokarti Bukti Pelestarian Budaya Semarang

Posted by

Tak henti-hintinya penulis menyebut bahwa kota Semarang merupakan salah satu kota di Indonesia yang kaya akan Bangunan Kuno dan Bersejarah, bukannya suatu pembelaan karena penulis berasal dan lahir di Kota Semarang, akan tetapi ini kenyataan dan berdasarkan fakta. Postingan Gedung Budaya Sobokarti ini menjadi salah satu buktikebenaran penilaian penulis tentang Kota Semarang yang kaya akan Bangunan Kuno dan Bersejarah.

Gedung Sobokarti Semarang yang didirikan pada tahun 1929 merupakan Cagar Budaya, dulu pembangunan gedung ini dilakukan oleh Insinyur asal Belanda yang bernama Herman Thomas Karsten, beliau salah seorang berkebangsaan Belanda yang menaruh perhatian tinggi pada kesenian asal Jawa, hal tersebut dia buktikan dengan pembangunan Gedung Sobokarti Semarang sebagai bukti kecintaan dan ketertarikan beliau atas kebudayaan di tanah jawa.


Insinyur Thomas Karsten ini memadukan budaya jawa khas keraton dan barat didalam pembangunan gedung Sogokarti sehinggan menyuguhkan nuansa yang klasik dan indah. Bila anda masuk ke dalam gedung ini anda pun akan disajikan dengan pemandangan Pilar-pilar penyangga yang asli dan sampai saat ini masih berdiri kokoh.

Saat ini Gedung Kesenian Sobokarti digunakan sebagai tempat berbagai kegiatan tradisional seperti, latihan Pedhalangan, Tari Tradisional, Karawitan juga pembuatan wayang atau tatah sungging. Di gedung ini sekarang juga terdapat sanggar kesenian yang siap menerima siswa dari bebagai kalangan usia.

Banyak sekali orang tua yang mengajak anaknya untuk belajar kebudayaan di Gedung Sobokarti ini, dan tak sedikit prestasi yang ditorehkan oleh para siswa di Sanggar Gedung Kesenian Sobokarti ini. Salahsatu perstasi yang menonjol adalah Khursus Pedhalangan. Siwa yang bernama Amedeus Krisna usia 16 tahun salah satu dhalang cilik hasil didikan di Gedung Sobokarti yang sudah melalang buana aksinya di kancah daerah, nasional bahkan Internasional.



Gedung ini memiliki agenda kesenian yang rutin, seperti pergelaran malam Sabtu Pahing, evaluasi kesenian tari yang diadakan setahun sekali pada awal tahun, 

Bahkan demi kelestarian Seni dan Kebudayaan Semarang, Perkumpulan Seni Sobokarti selalu mengajak masyarakat untuk tetap mejaga kebudayaan Semarang sebagai kearifan lokal.





FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Semarangan Updated at: 15:02

3 komentar:

  1. Hebat nih Semarang punya gedung kesenian seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak, sebuah gedung peninggalan Belanda

      Delete
  2. Semoga tetap terjaga kelestariannya.

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak, jangan cuma meninggalkan LINK dikolom komentar, Penulis Lebih berharap jika Komentar anda menyangkut tentang artikel tersebut. Terimakasih

Lenovo Tab 2 A7-10 - 8 GB - Hitam
From RP 799.000

Cari Artikel

Followers

Semarangan. Powered by Blogger.