Sejarah PSIS Semarang

Posted by

Sekedar share bagi para pengunjung dan pembaca Semarangan mengenai Sejarah PSIS Semarang.

Persatuan Sepak Bola Indonesia Semarang "PSIS" sebuah tim yang bekedudukan di Ibu Kota Jawatengah yakni Semarang, tim kebanggaan warga semarang ini mendapat julukan "Laskar Mahesa Jenar" bermarkas di Stadion Jatidiri.

PSIS Semarang pernah mencatatkan namanya dengan tinta emas dikancah Nasional. Yaitu, dengan menjuari Liga Perserikatan dan Divisi Utama Liga Indonesia yakni masing-masing 1 kali.

Sebenarnya, berdirinya Persatuan Sepak bola di kota semarang ini sudah lama sekali, bahkan sejak kota Semarang dalam kekuasaan Pemerintah Kolonial Belanda. Akan tetapi pada masa itu, namanya belum PSIS. Berikut ini nama-nama Persatuan Sepak Bola Semarang sebelum menjadi PSIS Semarang :

  1. Tim Sepak Bola Union. diperkirakan Tim ini berdiri sekitar tanggal 2 Juli 1911. Sebenarnya Nama UNION sendiri merupakan sebutan Tim Sepak Bola dengan nama Tionghoa Hoa Yoe Koan, yang telah mendapatkan Hak Rechspersoon pada tahun 1917 dari Pemerintah Kolonial Belanda.
  2. Setelah Tim Sepak Bola UNION, selanjutnya lahir pula sebuah Tim yang bernana Comite Kampioens Wedstrijden Tionghoa "CKTH" dan memiliki markas di Gedung Olahraga letaknya di daerah. Seteran. Dan Tim ini sendiri pada tahun 1926 berubah menjadi,
  3. Hwa Nan Voetbalbond "HNV" dan tercatat dalam sejarah persepakbolaan Indonesia, bahwa Club ini pernah melakukan pertandingan melawan Kesebelasan Luar Negeri, melawan klub asal Taiwan yang kala itu bernama Loh Hwa Team Voetbalbond.
  4. Sedangkan untuk kalangan Pribumi, klub yang sangat menonjol adalah Tots On Doel "TOD" yang didirikan pada tanggal 23 Mei 1928, bermarkas di Tanggul Kalibuntang sekarang namanya menjadi jalan Dr, Cipto Semarang.
Dalam perjalanan karirnya Tots On Doel (TOD) melakukan pergantian nama beberapa kali yaitu :

  • PS. Sport Stal Spieren (PS. SSS). Mulai dari sinilah cikal-bakal berdirina PSIS Semarang.
  • Berganti lagi menjadi Voetbalbond Indonesia Semarang (VIS) tepatnya pada tahun 1930.
Setelah PSSI "Persatuan Sepak Bola Indonesia" berdiri pada tanggal 19 April 1930. Voetbalbond Indonesia Semarang berganti nama secara resmi menjadi PSIS Semarang yang beranggotakan klub sepak bola ROMEO, PSKM, PKVI, NAGA, RIM, SDS dan SSS itu sendiri. Untuk sekarang Pesatuan Sepak Bola SSS masih ada cuman berganti Singkatan dengan menggunakan ejan bahasa Indonesia. yaikni PS Sport Supaya Sehat.

Inilah secuil sejarah cikal-bakal PSIS Semarang tim yang berjuluk Mahesa Jenar bermarkas di Stadion Jatidiri semarang. Tim kebanggane wong Semarang.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Semarangan Updated at: 14:47

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak, jangan cuma meninggalkan LINK dikolom komentar, Penulis Lebih berharap jika Komentar anda menyangkut tentang artikel tersebut. Terimakasih

Lenovo Tab 2 A7-10 - 8 GB - Hitam
From RP 799.000

Cari Artikel

Followers

Semarangan. Powered by Blogger.