Ciri-ciri Beras Berpemutih

Posted by

Di era sekarang, semakin banyak pedagang yang nekat demi meraup untung lebih banyak, tanpa memperhatikan bahaya atau dampak dari dagangannya bagi konsumen. Yang lebih mengejutkan lagi, terjadi pada beras yang merupakan bahan pangan mayoritas penduduk Indonesia. Pedagang yang tidak bertanggung Jawab demi keuntungan berlibat rela mencampurkan pemutih pakaian agar beras dagangannya nampak lebih putih dan bersih, bahkan tak jarang mereka pun mencampurinya dengan Borax agar beras yang mereka jual lebih awet dan terhindar dari kutu beras.

Beras Berpemutih memang tidak mengandung bahaya secara langsung, akan tetapi dalam jangka panjang jika kita terus-menerus mengonsumnya akan membahayakan kesehatan kita. Kalau sudah begini bagai mana cara mengatasinya ?. Untuk cara mengatasi ada pada diri kita sendiri, sebenarnya ada beberapa ciri beras perpemutih untuk bisa kita ketahui sehingga kita akan terhindar dari bahaya beras berpemutih.

Ciri-ciri Beras Berpemutih :
  • Denagan Cara Diraba di telapak tangan, jika beras ini terasa licin di genggaman tangan maka sudah bisa dipastikan beras ini Berpemutih.
  • Dengan Cara Dicium. Beras berpemutih pastinya memliiki bau yang beda dengan beras pada umumnya, dia lebih cendrung mengeluarkan bau diterjen atau bahan kimia.
  • Dengan Cara Dilihat. Jika anda lihat secara seksama, beras berpemutih akan terlihat lebih bening, karena sari beras ikut larut saat proses pemutihan dengan pemutih pakaian.
  • Beras berpemutih tidak tahan bila disimpan, jika anda menyimpan beras dalam beberapa hari dan beras tersebut mengeluarkan bau tengik, setelah anda masak pun berasa asam, maka cepat dan segera buang beras tersebut. Karena sudah bisa dipastikan beras tersebut berasal dari proses pemutihan menggunakan bahan kimia.
  • Saat dicucu, beras berpemutih tidak mengeluarkan warna putih pata air bekas cucian, karena warna putih hasil cuci beras tersebut sudah hilang saat proses Pemutihan.
  • Sesudah ditanak, biasanya beras pemutih berasa tidak enak seperti beras pada umumnya, dan warnanya pun tidak seputih sebelum ditanak.
  • Pada umumnya Beras Berpemutih harganya lebih murah. Jangan mudah tergiur harga murah, disini kecermatan anda lebih dituntut demi kesehatan anggota keluarga.
Itulah Ciri-ciri Beras Berpemutih, pilihlah bahan makanan yang aman bagi keluarga anda, apalagi dalam memilih beras yang sudah menjadi konsumsi rutin harian. Semoga dengan postingan ini bisa membantu anda beserta keluarga anda dari ulah nakan pedagang yang tidak bertanggung jawab.




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Semarangan Updated at: 11:18

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak, jangan cuma meninggalkan LINK dikolom komentar, Penulis Lebih berharap jika Komentar anda menyangkut tentang artikel tersebut. Terimakasih

Lenovo Tab 2 A7-10 - 8 GB - Hitam
From RP 799.000

Cari Artikel

Followers

Semarangan. Powered by Blogger.