Masjid Menara Layur Semarang

Posted by

Sebelum  membuat Postingan hari ini, mungkin ada yang beda dari postingan sebelumnya. Kali ini SEMARANGAN turut berduka atas kejadian Terbakarnya PASAR JOHAR Semarang pada Sabtu, 9 April 2015 sekitar pukul. 21.30 semoga para korban diberi kesabaran dan ketabahan. "Pray For Pasar Johar". Padahal pasar johar ini merupakan pasar terbesar di Kota Semarang yang memiliki nilai sejarah yang amat tinggi dan merupakan Titik Ekonomi pada masa Pemerintahan Kolonial Belanda.

Kota Semarang memang kaya akan bangunan yang memiliki nilai sejarah yang tinggi yang sekarang masih berdiri kokoh dan gagah. Setelah kemarin SEMARANGAN membuat postingan bangunan sejarah yang mimiliki nilai sejarah bagi umat islam dan merupakan sebuah tonggak Islam di kota Semarang dengan Bangunan Masjid Kauman Semarang, kini ada sebuah masjid lagi yang tidak kalah pentingnya bagi perkembangan Agama Islam di kota Semarang yakni Masjid Menara Layur Semarang.

Masjid Menara Kampung Layur ini dibangun oleh ulama Arab Handamaut (Yaman) pada tahun 1802. Masjid ini memiliki arsistektur yang unik dengan dua lantai, atapnya berbentuk meru (pengaruh asistektur Demak), lantai masjid menggunakan bahan dasar amterial kayu, Pondasi masjid menggunakan umpak batu bata dengan kedalaman 3 meter dan lebar 1 meter.

Satu hal yang membikin bangunan ini nampak lebih unik dari Bangunan Kuno di Semarang adalah, bentuk bangunan yang assistekturnya lebih kental berbau Timur Tengah. Hal tersebut bisa anda lihat pada bentuk menara yang berdiri kokoh di depan pintu masuk masjid. Adapun bangunan utama Masjid Menara Layur ini berbentuk khas Jawa dengan atap bersusun tiga.

Pada Masjid Menara Layur ini juga menggambarkan Kekayaan budaya pada masa itu dengan arsistektur 3 ras yang terlebur menjadi satu, yakni Ras Melayu, Ras Jawa dan Ras Arab. Untuk keaslian bentuk masjid dan menara masih seperti pada saat semula dibangun demi menjaga keaslian bangunan. Hanya ada sedikit perbaikan dan pergantian pada bagian genteng dan penambahan ruang untuk pengelola di bagian sisi kanan Masjid.

Sekarang Bangunan Masjid mengalami trasnformasi, karena adanya penggurukan lantai sekitar 200 centi meter. Banguna  masjid lantai satu sudah tidak lagi berfungsi sebagai tempat peribadatan. Maka demi menambah kapasitas jemaah bangunan lantai dua diperluas pada sisi timur laut dan tenggara. Konstruksi detail masjid masih asli dan terawat dengan baik.

Cukup mudah jika anda ingin mengunjungi Masjid Menara Kampung Layur ini, pertama-tama anda menuju ke Arah Pasar Johar, ikutilah jalur putar yang akan menuju ke Stasiun Tawang, dari rel kereta api Jalan Layur Semarang menara masjid sudah dapat anda lihat dari kejauhan, lokasi masjid berdiri tersebut berada dikampung Me,ayu karena apda jaman dahulu kampung tersebut mayoritas dihuni oleh masyarakat khas Melayu.

Hingga saat ini Masjid Menara Layur Kota Semarang yang sudah berusia lebih dari dua abad ini masih berdiri kokoh dan digunakan sebagai tempat beribadah. Sayangnya masjid ini memiliki ancaman besar yakni banjir dan rob yang sering menerpa kawasan Kampung Melayu.





FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Semarangan Updated at: 10:34

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak, jangan cuma meninggalkan LINK dikolom komentar, Penulis Lebih berharap jika Komentar anda menyangkut tentang artikel tersebut. Terimakasih

Lenovo Tab 2 A7-10 - 8 GB - Hitam
From RP 799.000

Cari Artikel

Followers

Semarangan. Powered by Blogger.