Tips Sehat Puasa Ramadhan

Posted by

Bismillah. Pertama-tama penulis ucapkan "Selamat Menjalankan Ibadah Puasa" semoga kita semua diberi kesehatan oleh Allah SWT agar bisa menuntaskan kewajiban berpuasa satu bulan penuh di tahun ini.

Menjalankan ibadah puasa ramadhan merupakan perintah ibadah puasa yang hukumnya wajib bagi umat muslin sedunia. Dan bagi yang menjalankan ibadah puasa ramadhan setiap pelaku tidak diperbolehkan makan, minum dan melakukan hal yang membatalkan puasa selama jam yang telah ditentukan. Oleh karena itu anda bisa melakukan beberap tips sehat saat Puasa Ramadhan agar kondisi kesehatan dan stamina tubuh kita bisa terjaga.

Berbukalah dengan Mengkonsumsi Buah Kurma
Buah kurma memliki kandungan sumber energi yang tinggi karena mengandung gula yang merupakan sumber energi instan sebagai pengganti energi yang hilang disaat kita berpuasa. Sedikitnya konsumsilah 3 butir buah kurma saat anda berbuka puasa. Buah kurma merupakan buah yang disunnahkan Rosulullah dalam menu berbuka puasa.

Usahakan anda menjalankan Sahur.
Sahur merupakan sebuah kegiatan dimana kita disuruh makan sebagai bekal puasa kita disiang hari. Maka bagi setiap orang yang akan melaksanakan ibadah puasa sangat dianjurkan untuk sahur, dan jangan lupa konsumsi makanan yang seimbang dan secukupnya, jangan terlalu berlebihan.

Minum Secukupnya disaat Berbuka dan Sahur
Air merupakan sebuah komponen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Maka sangatdianjurkan untuk minum cukup disaat berbuka dan makan sahur. Usahakan pada waktu sehabis tarawih anda minum 5-8 gelas air sebagai bekal melakukan ibadah sesok hari agar terhindar dari serangan dehidrasi.

Konsumsilah makanan yang mengandung Karbohidrat Kompleks
Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks sangat menguntungkan bagi kita yang akan menjalankan ibadah puasa, karena karbohidrat kompleks lama proses pencernaannya dan dampaknya anda akan lebih lama merasa kenyang dan yang tak kalah penting gula darah pun akan selalu terjaga. Untuk mendapatkankan karbohidrat komplek ini, anda bisa mengkonsumsi Beras merah, gandum, oatmil, beras hitam dan jagung.

Jaga kandungan Gizi di menu makan anda
Untuk mendapatkan stamina yang fit, bugar dan sehat disaat kita menjalankan ibadah puasa, sangat dianjurkan baik diwaktu berbuka maupun santap sahur mengkonsumsi menun makanan yang mengandung unsur gizi yang seimbang, jangan terpusat pada sayur saja atau lauk saja.

Kurangi Minum Manis
Biasanya sehabis kita mendengar bedug Maghrib, pikiran langsung tertuju pada minuman manis, tak cukup satu gelas, kita menambah dua gelas dengan alasan mengobati dahaga, padahal hal tersebut tidak dianjurkan, karena pada minuman manis bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh sehingga bisa berdapak pada peningkatan berat badan dan menjadikan tubuh mudah merasa lemas.

Hindari atau Stop dulu Kafein
Pada saat berpuasa terutama disaat sahur, saya sarankan anda menghindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, karena pada kafein yang anda minum tersebut mengandung efek deuratik yang membuat ada sering pipis ketika meminumnya, dengan bertambahnya durasi pipis atau kencing maka semakin sering juga cairan yang kita keluarkan dari dalam tubuh kita. Padahal disaat puasa kita diharuskan menjaga cairan didalam tubuh agar terhindar dehidrasi.

Itulah tadi beberapa Tips Sehat saat Menjalankan Puasa Ramadhan, semoga bisa menjadi sebuah manfaat bagi kita semua.






FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Semarangan Updated at: 09:14

16 komentar:

  1. ini sangat bermanfaat gan, makasih ya udah berbagi tipsnya

    ReplyDelete
  2. wiih, infonya mantap ini, lancar terus puasanya, aamiin.

    ReplyDelete
  3. puasa pertsma kena radang, jadi ngehindar banyak makanan, termasuk kurma. sekarang harus makan kurma lagi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain kaya akan gula yg baik dikonsumsi saat berbuka, mengkonsumsi kurma juga disunnahkan oleh Rosulullah

      Delete
  4. pertama puasa kena radang, malas makan macam-macam termasuk kurma. Sekarang harus makan kurma lagi...

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah, dapat Tips Sehat untuk Puasa di Bulan Ramadhan ...
    semoga puasa nya lancar ya Kang ... Aamiin

    ReplyDelete
  6. selamat menjalankan puasa para sobat,,, minum air putih lebih alami.. thx infonya

    ReplyDelete
  7. Makasih tipsny agan, salam buat semuanya

    ReplyDelete
  8. Semoga puasa kita di terima oleh Allah dan sampai lebaran. Amin

    ReplyDelete
  9. bagi penggemar kopi puasa dulu deh di saat saur. minumnya pas buka aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo berbuka kebanyakan minum kopi, efeknya waktu menjalankan sholat tarawih malah ga khusu coz kebelet pipis, heheh

      Delete

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak, jangan cuma meninggalkan LINK dikolom komentar, Penulis Lebih berharap jika Komentar anda menyangkut tentang artikel tersebut. Terimakasih

Lenovo Tab 2 A7-10 - 8 GB - Hitam
From RP 799.000

Cari Artikel

Followers

Semarangan. Powered by Blogger.