Mercusuar Willem III Semarang

Posted by

Mercusuar yang berada di kota Semarang - Jawa Tengah tepatnya berada di pelabuhan Tanjung Emas Semarang sudah berusia 131 tahun ini masih berdiri gagah menjulang kelangit. Mercusuar ini dibangun oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1884.

Mercusuar peninggalan Belanda ini terbuat dari baja dan memiliki tinggi kurang lebih 30 meter dan diberinama Mercusuar Willem III. Mercusuar yang identik dengan warna cat putih ini memiliki peranan yang sangat vital bagi para pelaut yang hendak berlabuh di Pelabuhan Tanjung Emas.

Saking pentingnya keberadaan mercusuar ini, sampai sekarang keberadaannya selalu dijaga, setiap hari ada 5 petugas yang menjaganya silih berganti untuk memandu para pelaut. Mercusuar Willem III ini satu-satunya mercusuar di Jawa Tengah yang dibangun oleh Pemerintah Belanda dan memiliki jangkauan cahaya 20 mil.

Semula mercusuar ini dibangun guna memfasilitasi kapal-kapal VOC yang hendak memasuki pelabuhan Tanjung Emas, Belanda juga membangun gudang-gudang di sekitar pelabuhan serta menata pelabuhan secara apik dengan tujuan agar bisa disinggahi oleh kapal berukuran besar.

Kini Mercusuar Willem III Semarang dikelola oleh Pemerintah dibawah naungan Menteri Perhubungan. Dan menjadi saksi bisu atas betapa berkembangnya perniagaan di Kota Semarang di era itu.



Mercusuar Willem III Semarang Berusia 131 Tahun tetapi masih berdiri gagah


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Semarangan Updated at: 11:51

11 komentar:

  1. wah ini keren mas,
    didaerah saya juga baru ada mercusuar, baru banget dibangun.. hhehe

    ReplyDelete
  2. ternyata sudah berumur 131 tahun ya Kang Mercusuar Willem III, Mercusuar memang sangat penting peranannya bagi para pelaut, apalagi Mercusuar Willem III iniberada di Pelabuhan Tanjung Emas. tentunya sangat vital sekali bagi Mercusuar bagi pelaut yang hendak berlabuh di Pelabuhan Tanjung Emas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih tua dari kang eka, apalagi dari saya, jauh banget, ahhahaha

      Delete
    2. Bang Ramli, Hehehe ada2 aja

      Delete
  3. tetap dijaga yuk
    agar anak cucu bisa melihatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thx sarannya Gan, semua ini tak lepas dari peran serta masyarakat dan pemerintah guna melestarikannya

      Delete
  4. nice blog. if you want to exchange link just add my site and give me a message. just add my site:

    http://iheartrica.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Astagaaaa..tua banget ya ternya..ckckck

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak, jangan cuma meninggalkan LINK dikolom komentar, Penulis Lebih berharap jika Komentar anda menyangkut tentang artikel tersebut. Terimakasih

Lenovo Tab 2 A7-10 - 8 GB - Hitam
From RP 799.000

Cari Artikel

Followers

Semarangan. Powered by Blogger.