Candi Ngempon, Nuansa Alami Pedesaan

Posted by

Mungkin masih banyak warga kota Semarang yang belum mengenal dan mengetahi bahwa di Kabupaten Semarang terdapat sebuah candi layaknya Candi Borobudur di Magelang yakni Candi Ngempon.

Di Candi Ngempon ini berbeda dengan candi bodobudur, ukurannya lebih kecil, akan tetapi pesona alamnya akan menanjakan pengelihatan kita yang dibalut dengan udara segar khas pedesaan di lereng gunung yang akan memanjakan kita sekaligus merefresh otak kita dari kegiatan dan rutinitas sehari-hari.

Di Kabupaten Semarang ternyata juga terdapat Cagar budaya Candi, bahkan tak hanya Candi Gedung Songo yang sudah malanng melintang namanya, pada kisaran tahun 1952 Candi Ngempon ini ditemukan oleh seorang Petani yang bernama Kasri yang saat itu sedang melakukan rutinitasnya bekerja disawah, pada saat dia mencangkul sawahnya, tanpa sengaja menemukan batu yang bersetruktur seperti candi. Penemuannya itu kemudian direstorasi dan kemudian dibuka untuk umum. Ditilik dari bentuk bangunan Candi Ngempon ini di golongkan ke Candi Hindu.

Candi Ngempon ini merupakan salah satu obyek wisata yang terletak di Kelurahan Ngempon, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Berdasarkan tempat ditemukannya candi tersebut di Kelurahan Ngempon, maka candi ini diberi nama Candi Ngempon.

Komplek Candi Ngempon ini bisa dibilang lebih kecil dibanding Candi Gedung Songo dan Candi Dieng, yakni hanya terdiri dari empat Candi , dan jika ditilik dari arsitekturnya memiliki kesamaan dengan Candi Gedung Songo dan Candi Dieng. Diperkirakan Candi Ngempon ini dibangun pada masa Wangsa Sanjaya.


Candi Ngempon merupakan candi yang unik, karena letaknya berbeda dengan candi-candi lainnya yakni di kelilingi area persawahan, di lembah kali Lo. Akan lebih menarik lagi jika anda mengunjungi candi ini disaat Musim tanam, karena akan lebih indah dengan nuansa hijau dari tanaman padi disekitar yang di selimudi kesegaran udara khas pedesaan di lereng gunung sehingga akan menghipnotis anda untuk berlama-lama disini.

Di candi ngempon ini juga terdapat dua pemandian, yakni pemandian air hangat dan dingin, diyakini warga sekitar, pemandian itu dulunya digunakan oleh umat Hindu sebelum beribadah di Candi Ngempon.

Memang jika anda mengunjungi Candi Ngempon ini sangatlah murah-meriah, karena tidak dipungut biaya atau dikenakan harga Tiket layaknya berkunjung di Candi-candi lain, hanya dikenakan Biaya Parkir yang dikelola masyarakat sekitar dan disediakan kotak amal yang bisa anda isi sukarela. Murah bukan ? makanya segera kunjungi Candi Ngempon ini !

Terus dimana lokasinya ? 
Mudah dijangkau tidak ?

Pertanya itu pasti muncul di benak anda, oke penulis jelaskan secara singkat lokasi Candi Ngempon ini guna mempermudah anda.

Untuk mencapai ke lokasi Candi Ngempon cukuplah mudah, Jika naik motor atau mobil, meluncurlah ke arah Tenggara, sejauh kurang lebih 27 Km, kalau naik bus umum, cukup naik bus jurusan Amabarawa atau Salatiga. Berhenti di Kantor Polisi Karangjati, atau pertigaan Karangjati, dari situ ambil arah kiri menuju ke Pringapus (disitu sudah ada Angkudes, ojek atau Delman) yang akan mengantar anda. Sekitar perjalanan 2 km anda akan menemukan papan penunjuk arah menuju Candi Ngempon.

Candi Ngempon ini merupakan obyek wisata yang belum begitu tenar, bahkan bagi warga Kota Semarang sendiri masih sedikit yang mengetahui keberadaan Candi ini. Semoga dengan postingan ini Penulis berharap bisa mengangkat Potensi Wisata Candi Ngempon, sehingga bisa lebih dikenal oleh masyarakat Semarang pada Khususnya dan Masyarakat luas Pada Umumnya.

Salam SEMARANGAN
Maturnuwon.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Semarangan Updated at: 12:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak, jangan cuma meninggalkan LINK dikolom komentar, Penulis Lebih berharap jika Komentar anda menyangkut tentang artikel tersebut. Terimakasih

Lenovo Tab 2 A7-10 - 8 GB - Hitam
From RP 799.000

Cari Artikel

Followers

Semarangan. Powered by Blogger.