Alur Pelayanan BPJS

Posted by

BPJS "Badan Penyelenggara Jaminan Sosial", lagi penulis membahas tentang  BPJS karena masih banyak masyarakat yang bingung dan belum memahami bagai mana Alur Pelayanan BPJS bagi mereka yang sudah menjadi peserta BPJS.

Kenapa Penulis membahas tentang Alur Pelayanan BPJS, ya karena minimnya sosialisasi hingga masih banyak peserta yang gagap tentang BPJS, sekaligus hitung-hitung membantu Pemerintah dalam menyukseskan Program BPJS.



Alur Pelayanan BPJS

  • Peserta BPJS membawa karti peserta BPJS mendatangi Faskes "Fasilitas Kesehatan" tingkat pertama dimana tempat peserta tersebut terdaftar (Puskesmas, Dokter keluarga, Klinik TNI/Polri, dan fasilitas kesehatan lainnya yang setingkat).Pada tahap ini peserta BPJS akan mendapatkan pelayanan sesuai kompetensi dan kapasitas fasilitas kesehatan yang ada di tingkat pertama seperti (konsultasi kesehatan, laboratorium klinik dan obat-obatan)
  • Apabila dalam proses pemeriksaan awal (yang terdapat pada poin pertama diatas) peserta belum juga sembuh, maka pasien atau Peserta BPJS dirujuk ke Fasilitas Kesehatan tingkat lanjutan (Rumah Sakit Pemerintah, Rumah Sakit Swasta, Rumah Sakit TNI/POLRI, yang bekerja sama dengan BPJS). Sedangkan untuk pasien yang gawat darurat, peserta bisa langsung menuju ke tingkat lanjutan tanpa menunggu mendapatkan rujukan.
  • Di Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan, Peserta atau Pasien menunjukkan kartu BPJS dan Surat rujukan dari Fasilitas tingkat pertama kepada petugas BPJS Kesehatan Center, kemudian petugas akan menerbitkan Surat Eligibilitas Peserta (SEP) sebagai dokumen  yang menyatakan bahwa Peserta atau Pasien dirawat dengan menggunakan fasilitas BPJS.
  • Setelah peserta mendapatkan SEP, Pasien akan mendapatkan pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan, baik untuk pelayanan Rawat Jalan maupun pelayanan Rawat Inap. Apabila dirasa penyakit pasien tidak begitu bahaya dan tanpa perlu perawatan inap, pasien boleh pulang atau dirujuk kembali ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Sedangkan untuk pasien yang memiliki penyakit kronis, maka peserta dapat masuk kedalam Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di fasilitas kesehatan tingkat pertama tersebut.
Itulah bahasan tentang Alur Pelayanan BPJS dari tingkat pertama hingga tingkat lanjutan (rawat inap), semoga dapat membantu dan mempermudah anda pesrta BPJS. Dan sebagai informasi tambahan bagi warga Semarang untuk daftar Rumah Sakit di Semarang yang melayani Peserta BPJS silahkan Klik Tulisan Judul Berwarna biru di bawah ini.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Semarangan Updated at: 12:02

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak, jangan cuma meninggalkan LINK dikolom komentar, Penulis Lebih berharap jika Komentar anda menyangkut tentang artikel tersebut. Terimakasih

Lenovo Tab 2 A7-10 - 8 GB - Hitam
From RP 799.000

Cari Artikel

Followers

Semarangan. Powered by Blogger.