Museum Jamu Nyonya Meneer Semarang

Posted by

Jamu merupakan sebuah kata yang sudah tidak asing bagi penduduk Indonesia bahkan warga Kota Semarang. Jamu merupakan salah satu jenis dari minuman yang berfungsi sebagai obat, akan tetapi terbuat dari bahan herbal yang alami berasal dari akar, daun, buah dari pepohonan yang tumbuh subur di sekitar kita.

Salah satu produsen jamu yang sudah melalang buana di nusantara adalah Jamu Nyonya Meneer dari Semarang. Ngomongin masalah Jamu Nyonya Meneer, tahukah sobat jika produsen jamu ini juga memiliki Museum guna mengenang usahanya yang merintis dari nol hingga sebesar dan setenar sekarang ini ?

Oke, kali ini penulis meengenai Museum Jamu Nyonya Meneer Semarang, siapa tahu bisa anda jadikan referensi rekreasi keluarga di hari libur.

Museum Jamu Nyonya Meneer Semarang 
Museum jamu Nyonya Meneer ini merupakan museum jamu pertama yang didirikan di Indonesia, Museum ini berada di kota Semarang yang didirikan pada tanggal 18 Januari 1984. Adapun maksud dan tujuan didirikannya Museum ini adalahsebagai cagar budaya warisan leluhur. Sehingga bisa menjadikan sebuah sarana edukasi wisata bagi generasi muda sekarang.

Jika anda berkunjung di Musemun Jamu Nyonya Meneer ini, maka akan ada dua bagian/ruangan bangunan yang fungsi yang isini memiliki cerita tersendiri. Pada bagian pertama anda bisa menemui semua koleksi pribadi Nyonya Meneer. Dan pada bagian kedua Bagian dimana anda bisa menyaksikan produksi Jamu Nyonya Meneer yang sudah melalang buana seantero nusantara.

Yang patut diingat jika anda ingin menambah pengetahuan tentang jamu dan menyaksikan barang-barang yang memiliki nilai sejarah bagi Jamu Nyonya Meneer anda harus mentaati beberapa peraturan yang ada di musium jamu ini. Peraturan tersebut antara lain :
  1. Dilarang merokok, bagi anda yang mempunyai kebiasaan merokok diwajibkan untuk mematikan rokok di area atau kawasan Museum Jamu Nyonya Meneer
  2. Dilarang sampah sembarangan. Jika anda membuang sampah sembarangan, terus mau jadi apa museum ini yang akan terlihat kumuh dan kotor akibat ulah anda. Dengan mengunjungi museum nyonya mener secara tidak langsung juga telah mengajarkan anda untuk menjaga kebersihan.
  3. Dilarang, menyentuh, memegang benda-benda koleksi Jamu Nyonya Meneer. Kalo mau mengabadikan lewat foto diperbolehkan.

Contoh koleksi barang yang ada di Museum Jamu Nyonya Meneer Semarang


Jangan kawatir bagi anda warga diluar kota Semarang, museum ini dibuka untuk umum, turis manca negara pun diperbolehkan mengunjungi Museum Jamu Nyonya Meneer. Sebagai referansi dan info kapan anda bisa menikmati wisata edukatif Museum jamu, Semarangan akan membagi jadwal kunjungan untuk wisatawan yang akan mengunjungi Museum ini.




Museum Jamu Nyonya Meneer,
  • Dibuka untuk umum, 
  • Setiap hari Senin sampai dengan Jum'at
  • Jam kunjungan : 10.00 - 15.30 WIB
  • Alamat : Jalan Raya Kaligawe KM 4 Semarang Telp. (024) 6582529
PERHATIAN !
Untuk Pengunjung yang lebih dari 25 orang.
Dimohon menghubungi pihak Jamu Nyonya Meneer Semarang dahulu, satu minggu sebelum hari kunjungan.



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Semarangan Updated at: 09:56

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak, jangan cuma meninggalkan LINK dikolom komentar, Penulis Lebih berharap jika Komentar anda menyangkut tentang artikel tersebut. Terimakasih

Lenovo Tab 2 A7-10 - 8 GB - Hitam
From RP 799.000

Cari Artikel

Followers

Semarangan. Powered by Blogger.