KOTA LAMA SEMARANG, Serasa di Netherland

Posted by

Bismillah, Jika anda berkunjung ke Kota Semarang jangan sampai melewatkan Kota Lama Semarang, melintaslah di area ini. Karena di Kota Lama ini anda akan terpesona akan kemegahan bangunan kuno berarsitekturkan Khas Eropa "Netherland".

Di kawasan Kota Lama Semarang, banyak berdiri bangunan-bangunan kuno peninggalan Pemerintah Kolonial Belanda yang menjadi saksi bisu akan sejarah Kota Semarang. Seakan menceritakuan berjuta cerita yang tak akan habis bila SEMARANGAN mengulas di postingan ini. Bahkan di sekitar terdapat kanal-kanal yang sampai sekarang masih bisa anda lihat, walau agak kumuh karena kurangnya perhatian dari Pemerintah maupun warga Sekitar.

Saking banyaknya bangunan yang memilik arsitektur Eropa utamanya Belanda maka kawasan ini pun mendapatkan julukan Litle Netherland.

Terdapat sebuah bangunan yang paling menonjol dari bangunan lain, bahkan bangunan ini berusia lebih dari dua setengah abad yaitu Gereja Blenduk yang mempunyai nama asli Nederlandsch Indische Kerk. sampai kini masih digunakan sebagai tempat ibadah dan menjadi sebuah landmark kota Semarang.

Gereja Blenduk Semarang

Pasti dalam benak anda bertanya, kenapa dari nama asli Nederlandsch Indische Kerk disebut Gereja Blenduk

Disebut Geraja Blenduk karena, pada waktu itu masyarakat pribuni sulit sekali melafatkan atau menyebut namanya Blenduk. Karena memiliki bentuk atap berbentuk kubah berwarna merah bata yang terbuat dari perunggu dan terdapat menara kembar didepannya.


Perubahan nama yang sama juga terjadi pada Jembatan Berok. Juga sebuah jembatan peninggalan Kolonial Belanda yang berada di kawasan Kota Lama Semarang. Menurut sejarah, jembatan ini dulu menjadi Pintu gerbang menuju ke Kota Lama. Jembatan ini dulu memiliki nama Burg karena warga pribumi kesulitan menyebut/melaafatkan burg menjadi Berok hingga kini pun jembatan ini disebut Berok. hehehehe lucu ya.


Tepatnya di seberang Gereja Blenduk, terdapat lagi bangunan kuno kas Eropa, yang di jadikan kantor asurans, bangunan yang penulis maksud ini namanya Gedung Jiwasraya.

Lagi dan lagi, anda akan di manjakan dengan pemandangan kas Netherland, sebab di seblah barat Gedung Jiwasraya anda juga akan disuguhkan pesona bangunan yang menyimpan sejuta makna dan sejarah, gedung ini sekarang digunakan sebagai retauran atau wisata Kuliner ang bernama Restoran Ayam Bakar Cianjur. 


Di Kota lama juga terdapat Bangunan Kuno yang unik dengan ornamen semut raksasa "Besar" pada atapnya. Bangunan ini disebut Gedung Marabunta. Digedung ini pernah diadakan pertujukkan Spionase nan cantik yang bernama Matahari.

Dan masih banyak bangunan lainnya yang akan menghanyutkan pandangan anda serasa di Eropa, Seperti, Gedung Marba, Pabrik Prau Layar, Kantor Pos Pusat, Gedung Jakarata LIoyd dan titik nol kilometer kota Semarang. Yang Insya Allah akan penulis posting pada postingan mendatang.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Semarangan Updated at: 10:51

4 komentar:

  1. Replies
    1. Benar gan, dan masih banyak lagi. Yang Insya Allah penulispun akan postingkan di postingan yang akan datang

      Delete
  2. bangunan bersejarah yang unik gan, oh ya tolong share juga tempat-tempat nongkrong atau wisata paling asyik di semarang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Aa Judin, Thx kunjungannya. Untuk saran dari Insya Allah akan saya posting pada postingan mendatang

      Delete

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak, jangan cuma meninggalkan LINK dikolom komentar, Penulis Lebih berharap jika Komentar anda menyangkut tentang artikel tersebut. Terimakasih

Lenovo Tab 2 A7-10 - 8 GB - Hitam
From RP 799.000

Cari Artikel

Followers

Semarangan. Powered by Blogger.