ES CONGLIK Semarang yang Melegenda

Posted by

Semarang ternyata tidak cuma memiliki Kota Lama yang sudah melegenda di Indonesia, tetapi juga memiliki sebuah Makanan Khas yang tak kalah melegenda yakni ES CONGLIK.

Es Conglik sebenarnya merupakan dalam jenis es puter, di beri nama CongLik karena mengambil dari nama pembuatnya. Es ini tak beda jauh bentuknya dengan es puter pada umumnya, akan tetapi yang membuatnya istimewa dari esputer lainya adalah pembuatannya.

Dalam pembuatan Es Conglik ini tidak diserta pengawet bahkan pewarna buatan yang membahayakan kesehatan yang mengkonsumsinya. Anda pun akan dibuat keheranan, karena es ini hanya mampu bertahan dalam satu sampau dua jam saja. 

Sang pembuat es conglik Semarang biasanya menggunakan buah-buahan segar yang diserut kemudian di campur dengan es, sehingga akan terasa segere tenan (Segar Banget). Guna mengikuti perkembangan era, maka pembuat es conglik pun selalu melakukan inovasi terbaru agar es ini tidak tenggelam dimakan jaman. Hingga kini sudah terdapat 10 varian rasa Es Conglik. Yaitu :
  • Es Conglik rasa Durian
  • Es Conglik rasa kopyor
  • Es Conglik rasa Kelapa Muda
  • Es Conglik rasa Alpukat
  • Es Conglik rasa Leci
  • Es Conglik rasa Coklat
  • Es Conglik rasa Kelengkeng
  • Es Conglik rasa belewah
  • Es Conglik rasa Kacang hijau
  • Es Conglik rasa Sirsat (Sirsak)
Selain rasanya yang begitu kental dengan rasa buahnya, es Puter Conglik ini aromanya wangi, di lengkapi dengan kelembutan esnya yang akan memanjakan lidah anda. Dalam satu kali saji anda sudah bisa menikmati dua varian rasa buah yang di sajikan didalam mangkok kecil dan ditemani dengan 2 buah sendok kecil. Anda pun tak perlu merogoh uang di dalam saku dalam-dalam, karena hanya dengan Rp. 7.000 hingga Rp.10.000 anda sudah bisa memanjakan lidah dalam balutan kelembutan es Conglik Semarang.

Tak lengkap rasanya jika hanya membahas tentang rasa es Conglik Semarang yang Melegenda tanpa membahas sejarahnya.

Sejarah Es Conglik Semarang.
Es Conglik memang sudah melegenda baik dari kalangan warga biasa maupun pecinta kuliner, akan tetapi hanya sedikit yang mengetahui sejarah asal nama Es Conglik. Nama asli pencipta es Conglik adalah Sukimin berasal dari gebang anom. Menurut Sukimin dia sendiri pun sudah lupa siapa pertama kali yang memberikan nama jullukan kepadanya Conglik. Conglik sendiri sebenarnya berasal dari dua kata yang disingkat Cong "Kacong" dalam bahasa indonesia berarti pembantu dan Lik "Cilik" dalam bahasa Indonesia berarti kecil. Jadi Conglik berasal dari kata Kacong Cilik (Pembantu kecil dalam bahasa Indonesia).

Usai sepeninggal penjajah Jepang di Semarang, Sukiman "Conglik" bekerja menjadi pembantu seorang pedagang es puter asal pekalongan yang bernama Taryo. Conglik pun ikut keluar masuk kampung guna menjajakan dagangan es puter milik juragannya. Cong Lik pun mempunyai pemikiran bahwasannya dia tidak ingin menjadi Kacung terus, dia pun mulai gemar menabung dari hasil yang dia peroleh.

Perlahan tapi pasti, Conglik pun mulai menabung membeli, cendok, gelas dan keperluan lainnya. Bahkan semangatnya pun membera, conglik berkeinginan bisa jualan es puter sendiri. Dengan memberanikan diri Conglik mengutarakan keinginannya ke juragan dia yang bernama Taryo, Walaupun sudah berjualan sendiri dia masih menyewa gerobak dari juragannya.

Usaha keras dari Sukimin "Conglik" membahkan hasil, kini dia menjadi orang yang sudah bisa dibilang Sukses, kendati demikian dia tetap juga dipanggil Conglik. Sukimin pun merasa bersyukur atas nama julukan conglik yang diberikan kepadanya, karena nama itu yang menuntunya kepada kesuksesan sekarang ini.

Itulah kawan, ulasan singkat tentang Es Conglik Semarang, jangan lupa jika berkunjung ke Semarang sempatkan diri mencicipi kelembutan es Conglik dengan mampir ke Simpang Lima tepatnya samping Hotel Citraland, atau di depan RS. Telogorejo, atau jika anda ingin menikmati Es Conglik dengan nuansa khas negeri Cina anda bisa berkunjung  ke Warung Semawis, tempatnya berada di area Kawasan Pecinan Semarang.






FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Semarangan Updated at: 14:38

2 komentar:

  1. Sayang kemaren dari kudus cuma lewat thok gak sempet ngrasain segarnya es conglik :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga di lain waktu diberikan kesempatan menikmati kesegaran Es Conglik

      Delete

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak, jangan cuma meninggalkan LINK dikolom komentar, Penulis Lebih berharap jika Komentar anda menyangkut tentang artikel tersebut. Terimakasih

Lenovo Tab 2 A7-10 - 8 GB - Hitam
From RP 799.000

Cari Artikel

Followers

Semarangan. Powered by Blogger.